Kurikulum

Kurikulum

KOSP DAN KURIKULUM K13

SMP EKA SAKTI

Kurikulum SMP Eka Sakti pada tahun pelajaran 2023/2024 menerapkan prinsip – prinsip pengembangan Kurikulum Merdeka untuk kelas VII dan VIII. Adapun pengembangannya berdasarkan pada kurikulum Merdeka  orientasinya berpusat peserta didik dan  diharapkan mempunyai keterampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi profil pelajar Pancasila dalam proyek  pembelajaran. Ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 5 karakter yaitu serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia dan Sekolah Ramah Anak Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi SMP Eka Sakti

SMP Eka Sakti memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis. Lokasi sekolah berada di kawasan yang mudah dijangkau angkutan umum.. Ancaman SMP Eka Sakti bersumber dari pergeseran nilai budaya. Ancaman pergeseran nilai adalah kecenderungan sikap hidup metropolis yang mulai melanda kehidupan peserta didik, menirukan perilaku masyarakat yang tidak jelas latar belakangnya. Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan penambahan mata pelajaran yang agamis sangat dioptimalkan melalui kegiatan pembelajaran . Keberadaan  lembaga sekolah negeri dan lembaga swasta merupakan pesaing besar terhadap keberadaan SMP Eka Sakti. Menyikapi kondisi ini, SMP Eka Sakti melakukan upaya nyata berupa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang tua peserta didik/wali peserta didik dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat.

  1. Prinsip – prinsip KOSP

Adapun prinsip dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan ini adalah sebagai berikut :

  1. Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keberagaman potensi, kebutuhan perkembangan, dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada semua tahapan penyusunan kurikulum operasional sekolah
  2. Kontekstual yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB)
  3. Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satua pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas dan mudah dipahami.
  4. Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pengembnagan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya. Pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Eka Sakti dilaksanakan dalam dua macam bentuk  kegiatan, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler. Pembelajaran intrakurikuler adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas secara rutin sedangkan pembelajaran kokurikuler dilaksanakan dengan berbasis proyek dengan sistem blok yang dilaksanakan setiap jeda semester. Adapun muatan kurikulum dalam pembelajaran sebagai berikut:

Pelaksanaan proses pembelajaran dilaksanakan dalam dua macam bentuk kegiatan, yaitu pembelajaran regular yakni pembelajaran yang dilaksanakan dikelas secara rutin dan sistem blok yang dilaksanakan sesuai event tertentu. Pembelajaran reguler untuk seluruh mata pelajaran sedangkan  blok untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila

KURIKULUM K13

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang untuk selanjutnya disebut Kurikulum SMP Eka Sakti ini disusun untuk mewujudkan visi sekolah dengan mengakomodasi potensi yang ada untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam aspek akademis maupun non akademis, memelihara, mengembangkan budaya daerah, menguasai IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa dan berwawasan lingkungan, Tersedianya Pendidikan Bermutu Untuk Semua Dan Berkelanjutan Yang Dapat Melahirkan Generasi Agamis Dan Berkehidupan Yang Berkualitas.

Kurikulum SMP Eka Sakti  Menerapkan prinsip – prinsip pengembangan Kurikulum 2013 dan penambahan Ciri Khusus SMP Eka Sakti. Adapun pengembangannya berdasarkan pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu nasionalisme, kemandirian, religiositas integritas dan gotong royong (NKRI-Go) serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia dan Sekolah Ramah Anak Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi SMP Eka Sakti.

Berikut struktur kurikulum 2013 SMP Eka Sakti :

KETERANGAN    :

  • Alokasi waktu satu jam Pembelajaran adalah 40 menit
  • Minggu Efektif dalam satu tahun pelajaran ( 2 semester) adalah 39  pekan
  • Minggu Efektif Fakultatif dalam satu tahun pelajaran (2 semester) adalah 1 Pekan terdapat program Intrakurikuler seperti tabel diatas dan juga ekstrakurikuler yang dikembangkan dalam program pengembangan diri